Thursday 28 November 2013

kasium? suplemen?? vitamin??? apakah kita perlu????

Pagi ini ada teman bertanya "efek samping minum tablet kalsium apa ya jeng?kembung n diare kah??
Oke let's learning about kalsium.
Hmmm,,,,pada tau kan kalsium buat apa???yap buat membantu proses pertumbuhan tulang, gigi, dan ga cuma itu aja kalsium juga menjaga kesehatan jantung, otot dan syaraf bahkan bisa mencegah resiko kanker, diabetes dan menjaga tekanan darah (untuk lebih jelas bisa googling untuk mencari jurnalnya sebagai penegas dan penguat).
Kalsium bisa kita dapatkan dari susu, sayuran hijau like as brokoli, bayam, kemudian ada pada jeruk, yogurt, keju, ikan dan masih banyak lagi.
Kadar kalsium dalam darah sekitar 10 mg/ 100ml dengan rentang 9-11 mg/ 100 ml. Nilai kadar ini harus dipertahankan agar berfungsi dengan baik. Nah, gimana mempertahankannya?ya dengan menjaga pola asupan dan keseimbangan tubuh. Segala yang masuk ke dalam tubuh dan bahkan faktor hormonal pun berpengaruh dalam hal ini (be enjoy your life ;D).
eeeeeh tau vitamin D kan? ini berpengaruh loh dalam penyerapan kalsium. Paparan sinar matahari pagi sekitar 15 menit juga membantu pembentukan vitamin D sehingga kalsim pun terbantu penyerapannya. Orang dewasa membutuhkan 600 IU (115 mcg) vitamin D dalam asupan harian yang disarankan.
Terkadang kita dapat resep atau disarankan untuk mengkonsumsi kalsium dikarenakan memang kadar kalsium dalam darah kurang setelah cek lab atau kita menunjukkan gejala-gejala kekurangan kalsium seperti nyeri punggung/ pinggang, tulang sering mengalami keretakan, sering sakit gigi dan berlubang, sering kram di bagian kaki, sakit kepala, detak jantung terasa menjadi cepat, tekanan darah tinggi, insomnia, nyeri sendi, gugup, cemas, mudah marah dan untuk wanita biasanya masa haid lebih lama.
Nah itu kalau kekurangan, nah kalau kelebihan akibat pola makan berlebih atau berlibihan dalam mengkonsumsi vitamin penambah kalsium kan berabe,,,semua itu ada efek sampingnya. Niiiiih...yaa...dari resiko mual muntah, sembelit, gagal ginjal karna kadar kalsium dalam darah tinggi sehingga saat proses 'penyaringan' di ginjal kalsium tertinggal karna sangkin banyaknya. Kemudian resiko kanker prostat juga menghantui, plak di arteri karena kalsium terbawa darah dan terjadi penumpukan kalsium di arteri yang lama kelamaan menjadi plak, gangguan penyerapan zink dan besi dan beberapa ketidakseimbangan dalam tubuh lainnya.
Normal dosis harian kalsium tidak boleh melebihi 2500 mg. Sebelum membeli dan mengkonsumsi suplemen kalsium pastikan suplemen mengandung tingkat optimum kalsium serta zat lain yang membantu penyerapan kalsium.
Niiih,,,beberapa suplemen kalsium dan % kandungannya.

  • Kalsium karbonat (40% elemen kalsium)
  • Kalsium sitrat (21% elemen kalsium)
  • Kalsium gluconat (9% elemen kalsium)
  • Kalsium laktat (13% elemen kalsium)
Dua teratas adalah suplemen yang menjadi pilihan selain harga murah elemen kalsium pun tinggi. Namun bukan semena2 murah bebas mengkonsumsi ingat semua ada batas toleransinya dan yang terpenting 'Jagalah Pola Hidup Anda' agar keseimbangan senantiasa tercapai. 
Salam Sehat. 

No comments:

Post a Comment

comment please ^_^