Wednesday 29 January 2014

Jadwal tepat minum obat agar khasiat didapat

Heeeey ,,, pernah minum obat???hehe pertanyaan klise tentunya,,,terus kalo pernah minum obat biasa dengan aturan pakai berpa kali sehari?2x?3x?4x? owwwh ...owwhh,,,
Nah biar obat yang kalian konsumsi mendapatkan efek yang optimal kalian harus meminum sesuai aturan. Aturan yang bagaimana?? Terbiasa orang-orang lingkungan kita jika meminum obat adalah setelah makan. Heeey,,,tidak semua obat dikonsumsi setelah makan. Why?? setelah makan perut kita akan penuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Obat-obat yang diminum setelah makan adalah obat yang proses absorbsinya dibantu oleh lemak like as griseovulvin, vitamin e, dan beberapa obat yang bersifat asam dan mengiritasi lambung seperti diklofenak, asam mefenamat, ibuprofen, dexamethason dan banyak lagi. Ini akan sangat membantu sekali jalanya obat sehingga efek optimal pun didapat. Berbeda dengan antibiotik amoxixicillin, paracetamol, obat antasida, obat enzim lambung, dan beberapa obat lainya baik diminum sebelum makan. Nah aturan sesudah makan adalah antara 0-30 menit setelah makan, sama hal nya dengan sebelum makan 0-30 menit sebelum makan. Optimalkanlah!!!
Baiknya obat diminum dengan air putih (hangat), namun obat yang absorbsinya dibantu lemak akan lebih baik lagi diminum bersamaan dengan susu jika anda tidak makan. Namun berhati-hatilah obat antasida dan antibiotik tetrasiklin akan membentuk kompleks jika diminum dengan susu dan efeknya akan berkurang.
Ok setelah sesudah dan sebelum makan waktu yang perlu diperhatikan adalah frekuensi anda dalam minum obat. Seperti yang tersebut diatas. Beberapa aturan pakai obat ada yang 2x, 3x, 4x, bahkan bisa lebih. Logika kan saja jika dalam satu hari adalah 24 jam maka jika pemakaian obat 2x idealnya pemakaian obat adalah tiap 12 jam. Pilihlah waktu yang nyaman menurut anda dan tidak terlupa bahkan mengganggu jadwal aktifitas anda. Misalnya pagi saat pukul 07.00 anda minum obat dan waktu selanjutnya pukul 07.00 malam atau pukul 19.00. Mudah bukan???
Jika 3x maka tiap 8 jam anda harus minum obat. Misal di pagi pukul 06.00 di siang pukul 14.00 dan di malam pukul 22.00
Ingat tidak semua obat diminum setelah dan sesudah makan.
Perhatikan frekuensi anda dalam meminum obat agar efek optimal didapat.
Perhatikan pula makanan dan minuman yang dapat berinteraksi dengan obat yang anda konsumsi.
KONSULTASIKAN PEMAKAIAN OBAT ANDA DENGAN APOTEKER KELUARGA ANDA, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.


Pustaka gambar

No comments:

Post a Comment

comment please ^_^