Wednesday 8 January 2014

Serba Serbu Menu Ikan

Ikan memang favorit suami, ikan laut yaa,,,bukan n enggak yg lain ,,,pasalnya suami gak doyan ikan air tawar,,,serba serbu ikan apa aja menu ikan yuuuk dimulai apa saja menu ikan nya.
1. Bakso ikan 
    250 g ikan giling (tenggiri/ tuna/ selar)
    250 g tepung sagu
    Bumbu yang dihaluskan :
    bawang merah 3 siung
    bawang putih 3 siung
    merica bubuk 1 sdt
    garam 1sdt
    jahe 1/2 ruas jari
    - Campur semua bahan jadi satu.
    - Panaskan air, kemudian masukkan adonan bakso yang dibentuk bulat.
    - Tunggu agar bakso mengambang tandanya sdh matang sempurna. Aduk sesekali karena biasanya                  menempel pada dasar panci/ wajan.
    - Sajikan untuk campuran soup atau dibuat bakso ikan bakar.
2. Nugget Ikan 
    Bumbu dan bahan idem dengan bakso ikan bedanya kita perlu tepung panir/ tepung roti dan telur untuk         membalur nugget dg tepung roti.
    Yuuup adonan sudah jadi,,, siapkan loyang yang telah diolesi minyak, jangan terlalu tebal kemudian kukus     selama kurang lebih 10-15 menit / sampai wana adonan td tdk pucat seperti semula. Angkat dan                  dinginkan kemudian potong-potong sesuai selera. 
   Kocok lepas 3 butir telur ayam masukkan potongan nugget ke dalam telur kemudian balur dengan tepung      panir/ tepung roti. Lakukan 2x agar tertutup maksimal. Nugget siap untuk di goreng atau jika tidak habis        masukkan dalam frezer, tahan untuk 1 minggu.
3. Sate ikan pedas
   Bumbu dan bahan idem dengan bakso bedanya tepung sagu yang digunakan lebih sedikit kira-kira 100          gram. Setelah terbentuk adonan bentuk bulat dengan sendok balur dengan tepung terigu dan pipihkan            kemudian digoreng sampai warna agak kecoklatan.
   bumbu pedas :
   haluskan 20 cabe rawit merah, 5 cabe merah keriting, 2 bawang merah, lengkuas, dan 1 lembar daun            jeruk.
   tumis bumbu halus, tambahkan garam 1sdt dan terasi bangka 1sdt aduk hingga harum. Masukkan sate ikan    tadi yang telah digoreng. Aduk hingga bumbu pedas meresap tambahkan sedikit air. 
4. Mpek-mpek bangka 
    250 g ikan giling (tenggiri/ tuna/ selar)
    250 g tepung sagu (dapat lebih karena adonan akan dibentuk hingga kalis)
    garam 2-3 sdt
    air es/ batu es
    Yuuuk dimulai .... masukan ikan ke dalam baskom tambah 3-4 potong batu es kotak aduk dengan tangan/      sendok hingga kenyal atau 'gempi' sampai es habis tambahkan garam dan masukkan tepung sedikit demi        sedikit hingga kalis bentuk panjang atau bulat pipih jangan terlalu tebal. Masukkan ke dalam air mendidih     sampai mpek-mpek mengambang/ terapung. Aduk sesekali karena terkadang lengket/ menempel pada        dasar panci/ wajan. 
   Yuuup mpek-mpek siap di santap, lebih enak digoreng (selera) hehehe 
   Looooh kuah cuka mpek-mpek nya mano uniiiiiiiiiiiiii,,,,ok ok let's see
   siapkan kira-kira 1500 ml air nyalakan api.
   masukkan gula merah 2 potong, 1 sdm gula pasir, 1 sdt garam, 1 sdm asam jawa, 1sdm ebi kering.              Haluskan pula 5-10 cabe merah/ cabe rawit merah dan 3 siung bawang putih. Masukkan ke dalam panci.      Aduk, tunggu hingga mendidih. Siiiiiiiiiiaaaaap maaakaaaan,,,, 
   Selamat mencoba serba-serbu menu ikan :) tapi yang mpek-mpek bukan untuk lauk yaaa cyiiiiin hehehe

No comments:

Post a Comment

comment please ^_^